Profil Singkat Andy Liany

Andy Liany (1966 - 1995) adalah adalah penyanyi musik rock dalam Indonesia kelahiran Tanjungpinang, Kepulauan Riau (waktu itu tena tergabung di dalam Provinsi Riau). Namanya diketahui secara nasional pada paruh awal 1990-an. Ia wafat 1995 dikarenakan kecelakaan mobil.
Karier
Mulanya karier bermusik diawali oleh bergabung pada grup musik "Z Liar". Bersama adunare ini, 2 singel, Fitnah dan Bumi, dirilis dengan dalam record kompilasi "Indonesian Rock Metallic 1" garapan Bursa Musik pada 1 tahun 1990. Andy pernah jadi vokalis Slank formasi mulanya. Ia pun pernah seperti vokalis Elpamas.
Pada setahun 1991 ia merilis 1 album singel dengan lagu Satu Referencia, namun bukan sukses. Berikutnya ia berhimpun bersama Spend, Ronald, serta Once membentuk Fargat twenty-seven, dan merilis album "Seribu Angan".

Record solo pertamanya adalah "Misteri", di bawah label Is victorious Record. Salah satu lagunya, Sanggupkah Aku, mengangkat bernama ke pentas nasional. Setahun kemudian pergi dari album single kedua, "Antara Kita" melalui hit berjudul sama, Antara Kita. Kariernya yang pendek berakhir hal ini karena kematiannya dalam tahun 95.

Latar belakang
Lahir: 1966
Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Philippines
Meninggal: 95
Jenis musik: RockMetal
Kegiatan: Penyayi
1 tahun aktif: 1990 - 95
Perusahaan record: Wins Document
Terkait hanya: Z Atar, Slank, Elpamas, Fargat 28

1 comment: