Profil Band SLANK

Sebelum Slank resmi berdiri, Bimo Setiawan Almachzumi yang adalah seorang drummer pada cara pertamanya membentuk band bernama Cikini Stones Complex (CSC) dengan teman - temannya waktu bersekolah di Perguruan Cikini Jakarta. Namun karena merasakan lelah dan bosan sebatas membawakan lagu - lagu dari grup musik Moving Stone, maka pada 1 tahun 1983 akhirnya bimbim membubarkan CSC.

Kemudian bersama sepupunya Denny BDN (Bang Denny) sebagai Bass, Erwan dalam Vokal, dan Kiki dimana juga mantan gitaris CSC mengisi gitar, Bimbim berniat untuk membentuk grup musik baru dengan nama “Red Evil”. Lewat grup terkait mereka mulai membawakan lagu sendiri, dan mereka sekarang bebas membawakan lagu berkaitan saja. Meski persentasinya bertambah banyak lagu barat, tetapi lagu - lagi melalui Van Halen mendapat porsi paling banyak karena prinsip vokal Erwan dikatakan menyerupai sama David Lee Roth Vokalis Van Halen. Dikarenakan kurang puas hanya oleh satu gitaris, lantas Bimbim mengajak Bongky Marcel dalam merupakan gitaris “Rese Band” (Ketika itu Rese Music group merupakan saingan dari Red-colored Evil).

Mereka pertama sekarang bertemu di daerah menteng, lalu Bongky ikut kawannya latihan di tempat Bimbim. Lewat pertemuan itu, Bongky pun sepakat untuk alur bareng Bimbim membentuk adunare band baru. Pada mulanya terbentuknya kerjasama Bimbim serta Bongky ini, beberapa saat manggung mereka masih membawakan lagu milik Rolling Gemstones dan Van hallen. Namun entah kenapa, penampilan mereka tidak pernah bisa persis dari band aslinya. Jadi dari itu teman -- teman mereka yang hampir sering diajak untuk meramaikan penampilan mereka tersebut, menyebut mereka band Slenge’an. Sedangkan tuk meramaikan penampilan mereka, seluruh manggung mereka kerap memengaruhi teman - teman dalam Sekolahnya yang tak yang lain adalah anak - buah hati Perguruan Cikini dengan bayaran yang sebotol minuman.

Dalam masa itu, grup musik mereka ini masih berdiri dengan nama Red Bad. Hingga pada akhir Desember tahun 1983, mereka berniat untuk merubah nama dimana telah digunakan sejak Bongky bergabung tersebut. Proses pemilihan nama baru untuk adunare musik mereka dilangsungkan pada arena Bowling Hotel Kartika Chandra, Jakarta. Tepatnya ketika mereka sedang merayakan hari ulang tahun Denny BDN yakni 26 Desember 1983. Dalam pertemuan tersebut, Bimbim mengusulkan agar menggunakan merek Red Evil saja. Tetapi setelah beberapa lama berkompromi dengan segala banding, jadi terpilihlah nama SLANK dalam bersumber dari ocehan kawan - kawan mereka dimana kerap diajak saat tampil dan menyebut mereka music group Slenge’an. Jadi Slank ialah singkatan dari kata Slenge’an namun diakhiri dengan huruf K dengan maksud menjadi gaya/gaul.

Maka Formasi mulailah SLANK adalah Erwan (Vokal), Bongky (Gitar), Kiki (Gitar), Bimbim (Drum) dan Denny BDN (Bass). Penampilan perdana mereka dengan menggunakan identitas SLANK dilakukan di Universitas Nasional (UNAS) Jakarta melalui penuh semangat membawakan lagu - lagu ciptaan mereka sendiri. Namun sayang banget penampilan perdana SLANK kala ituberlangsung kurang menyenangkan. SLANK kalah pamor dari adunare musik Makara (Grup musik Adi Adrian KLA Project) yang pada saat tersebut bermain jauh lebih baik dari SLANK. Meski penampilannya bisa dibilang lumayan kacau, namun SLANK tetap berbangga hati karena mereka muncuk dengan kawalan seorang Manajer bernama Erry yang ngakl lain adalah Kakak untuk Erwan sang Vokalis.

SLANK terus berusaha untuk menunjukan bakat mereka hingga di akhirnya menjajal untuk menyertai festival band KMSS dalam digelar di Istora Senayan, Jakarta. Grup musik dimana menjadi saingan SLANK masa itu adalah grup musik asal Surabaya, Jawa Timur bernama Grass Rock lalu salah seorang Penyanyi single yakni Ita Purnamasari. Semenjak awal karir, SLANK pasti kerap menampilkan sesuatu dalam berbeda. Keunikan yang dibawa SLANK ketika tampil di dalam Festival Band KMSS merupakan, hadirnya instrumen musik daerah yakni Gamelan Jawa dimana dimainkan oleh Erwan. Manfaat dari keikutsertaan Gamelan Jawa dalam penampilan tersebut tidaklah sekedar antik - antikan semata. Melainkan karena SLANK memandang irama yang dihasilkan ensambel musik tradisional Gamelan adalah blues-nya Indonesia. Penampilan SLANK kala itu jelas saja membuat heboh kemudian terkesan nyeleneh dari peserta yang lain. Namun sayang amet SLANK kembali harus menelan kekecewaan karena mereka dikalahkan oleh grup musik Lawn Rock.

Layaknya seorang Remaja yang sedang mencari jati diri, pada awal berdiri SLANK juga beberapa sekarang mengalami perombakan formasi. 1 tahun 1984 Kiki sang Gitaris memutuskan untuk hengkang yang SLANK, dan secara otomatis SLANK Formasi 2 semata-mata berpersonil 4 orang tertentu. Untuk mengisi kekosongan in gitar yang ditinggalkan Kiki, pada awal tahun 85 SLANK memutuskan untuk menggaet Kakak kandung dari Bimbim yaitu Adrian Sidharta (Adri). Kehadiran Adri justru membawa warna baru untuk musik SLANK dikarenakan Adri bermain alat musik yang sebelumnya tidak terdapat di SLANK yaitu Keyboard dan mengukuhkan SLANK Formasi 3. Kaga lama setelah masuknya Adri, sang Vokalis Erwan memutuskan untuk mengundurkan diri dalam SLANK dikarenakan harus melanjutkan pendidikannya ke Negeri Paman Sam (Amerika). Masih dalam tahun yang sama, sepenginggal Erwan pada akhirnya meracik SLANK kembali memberikan sesuatu yang baru dengan menghadiran kaum Hawa yang bertindak sebagai vokalis yaitu Uti Suharyani dan Lala. Menjadi SLANK Formasi 4 beranggotakan Bongky (Gitar), Bimbim (Drum), Denny BDN (Bass), Adri (Keyboard), dan Uti & Lala (Vokal).

Seakan tena belum menemukan chemistry pada antara para Personilnya, di dalam tahun berikutnya 1986, SLANK kembali merubah formasi hanya kembali menghadirkan sosok pria sebagai vokalis. Well Willy yang merupakan mantan vokalis dari grup terdahulu Bimbim yakni Cikini Stones Complicated (CSC), ditarik untuk memposting vokal dan terbentuklah SLANK Formasi 5. Di setahun ini, SLANK kerap tampil dari panggung ke panggung yang tentunya dengan dandanan slenge’an dan mengajak kawan - teman dekatnya selaku suporter. Setahun berikutnya seperti 1987, SLANK kembali merubah formasi setelah keluarnya Adri (Keyboard) yang posisinya digantikan oleh Andre (Keyboard) selanjutnya menguatkan SLANK Formasi six. Masih terus melakukan perombakan, masih di tahun dalam sama Andre beserta sang Vokalis Well Willy hengkang dari SLANK. Posisi Selbstlaut yang ditinggalkan Well Willy pada akhirnya diisi dengan Denny BDN yang didapatkan sebelumnya bermain Bass buat SLANK. Sementara untuk memasukan kekosongan pada Bass, SLANK menarik salah seorang Bassis yang sebelumnya tergabung di dalam grup musik Metal Team yakni Abdul FIrman Saad atau yang akrab disapa Imanez dan terbentuklah SLANK Formasi 7.

Pergantian formasi
Pergantian formasi masih terus terjadi in tubuh SLANK. Sampai di dalam tahun 1988 terbentuk SLANK Formasi 8 dimana Imanez dan Bongky yang jaman itu harus melanjutkan kuliahnya di Negeri orang hengkang dari SLANK. Sehingga menyajikan Denny BDN kembali memenuhi Bass, sementara posisi selbstlaut diisi oleh Sammy, serta untuk mengisi instrumen gitar yang ditinggalkan Bongky, SLANK menggaet duo gitaris dimana berasal dari band Navy blue Punk yaitu Parlin Burman atau Pay dan Jaya (Whizzkid).

Tidak lama kemudian, Sammy, Pay, dan Jaya terpaksa harus meninggalkan SLANK dan membuat Bimbim dalam tinggal seorang diri balik menarik Imanez sebagai Bassis, Denny BDN sebagi Vokalis, dan Anto sebagai gitaris untuk SLANK Formasi nine. Masih di tahun dimana sama Denny BDN dalam harus menyelesaikan Sekolahnya dalam Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila terpaksa mengundurkan diri melalui SLANK kemudian disusul Anto yang juga ikutan hengkang. Bimbim dan Imanez dimana merupakan Personil SLANK dalam tersisa pada akhirnya lagi mengajak Adri untuk balik memberikan alunan Keyboardnya berbareng kehadiran Tole yang main Bass dan posisi gitar diisi oleh Imanez. Dan kehadiran seorang wanita cantik yang merupakan Kakak kandung dari Vokalis grup musik GIGI, yakni Nita Tilana. Kehadiran Nita Tilana pada SLANK Formasi 10 membikin formasi ini dijuluki seperti SLANK formasi paling genit.

Tidak berlangsung lama, Nita Tilana, Adri, dan Tole meninggalkan SLANK dan lagi menyisakan Bimbim dan Imanez saja. Untuk mempertahankan SLANK, pada akhirnya Bimbim lalu Imanez kembali menarik Spend untuk mengisi gitar, kemudian Well Willy untuk selbstlaut sehingga SLANK Formasi eleven beranggotakan 4 orang aja. Dalam formasi 11 di sini., Pay menjabat sebagai Gitaris sekaligus penjaga studio Potlot milik Bimbim yang disewakan untuk umum. Karena jabatannya adalah seorang penjaga studio room, Pay pun akrab akan beberapa grup musik dimana merupakan langganan penyewa facilities Potlot. Salah satu adunare band yang sering menyewa studio Potlot adalah adunare band Oppie Andaresta bersama-sam Indra Qadarsih dan Ronald Fristianto (Ex. GIGI) dalam mengusung aliran Jazz.

Hal ini karena Indra Q sering latihan di Potlot dan Bimbim terkadang mengontrol studio selanjutnya melihat permainan Keyboard Indra Q yang mengagumkan, Bimbim pun tertarik menawarkan Indra Q untuk bergabung oleh SLANK. Tentunya dengan bantuan bujuk rayu Pay dimana lebih akrab dengan Indra Q. Ketika itu Indra Q kurang tertarik dikarenakan aliran musik yang diusungnya adalah Jazz, sementara musik yang diusung SLANK berlimpah ke Rock. Namun berkat rayuan Bimbim dan Pay out yang mengatakan kepada Indra, “Gak apa - apalah, kan asik kalau Stone digabung sama Chord Punk, ” Indra Qadarsih juga merasa tertantang. Terlebih usianya saat itu baru berumur 18 tahun. Alhasil Indra Qadarsih mengiyakan permintaan Shell out dan Bimbim tersebut. Hingga terlahirlah SLANK Formasi twelve yang beranggotakan Bimbim, Imanez, Pay, Well Willy, serta Indra Qadarsih.

Tak suram setelah masuknya Indra Qadarsih yang berusaha untuk dapat membawakan Rock dengan menghafalkan beraneka repertoar lagu untuk grup musik beraliran Rock and roll dan pada akhirnya berjaya melepas chord melintir, Imanez dan Well Willy hengkang dari SLANK. Salah adalah pendiri SLANK yang sempat hengkang demi menuntut ilmu yakni Bongky Marce balik ke SLANK. Kalau di dalam Formasi awal Bongky melangsungkan gitar untuk SLANK, sekarang Bongky terpaksa harus transformasi dari pemain gitar jadi pemain Bass karena sudah hadir Pay yang berposisi di posisi gitar. Hilangnya posisi vokal karena Nicely Willy hengkang sedikit bikin Bimbim dan SLANK gagap untuk mencari penggantinya. Alhasil, Bimbim mengajak salah adalah adik sepupunya bernama Akhadi Wira Satriaji atau dalam akrab disapa Kaka bagi bergabung dengan SLANK. Ketika itu sebenarnya Kaka pun tengah jalan dengan adunare musik LOVINA yang salah satu personilnya adalah Dianto Yusuf Sidharta atau Massto yang merupakan adik kandung Bimbim. Sebenarnya, Kaka cuman dikontrak oleh SLANK semasa 2 tahun saja. Akan tetapi karena Personil SLANK lainnya menemukan kecocokan, kontrak  <blank>  selama 2 tahun jua dilupakan.

Masuknya Kaka in SLANK menandakan bahwa 1 thaun 1989 SLANK telah memasuki Formasi 13. Di mulanya terbentuknya formasi yang hampir sering disebut Formasi Ajaib indonesia, Slank juga tidak dalam dari beraneka problema. Telah dari proses transformasi Bongky, hingga perselisihan yang selalu terjadi antara Indra Queen dan Pay. Awal \ bass, Bongky merasa tension karena merasa seperti patung di atas panggung dan dirinya memerlukan waktu 5 hari di tambak ikan Sukabumi untuk memutuskan bermain largemouth bass. Pada akhirnya, Indra Queen lah yang sparring Bongky latihan bermain bass semasa berminggu - minggu dimana dilakukan di dalam business. Selama melakukan proses training yang berakhir dengan keberhasilan Bongky beralih senjata, SLANK juga terus menyodorkan demonstration lagu mereka ke kubu label namun tak kunjung diterima.

Hal inilah dalam pada akhirnya membuat Bimbim memutuskan untuk merombak musik SLANK. Setelah melakukan perombakan, pada akhirnya SLANK memperoleh kesempatan untuk menjadlin kerjasama dengan Pemilik studio record Triple M yaitu Macank. Namun baru menggarap lagu - 5 SLANK memutuskan untuk membatalkan kontrak ini, dikarenakan SLANK memilih agar bekerjasama dengan Boedi Soesatio. Salah seorang Sahabat Omkring Yudho (Ayah dari Indra Q) yang merupakan adalah pembuat logo dan sampul kaset penyanyi - penyanyi ternama dan menawarkan SLANK untuk menjalin kontrak kerjasama setelah kepincut demo lagu yang dibawakan oleh Omkring Yudho tersebut.

Boedi Soesatio menganggap kalau SLANK yaitu pembawa pembaruan di blantika musik rock Indonesia dengan beragam lirik apa hadirnya yang menjadi simbol anti - kemapanan tapi penuh kecerdikan. Ditambah lagi dengan kejenuhan pasar musik yang sewaktu itu sedang dipenuhi akibat para Penyanyi Pop lalu grup band yang takut membawakan lagu sendiri. Oleh sebab itu SLANK dianggap sebagai suatu dorongan untuk grup group lain karena keberaniannya membawakan lagu ciptaan sendiri dimana menurut Boedi ibarat mutiara yang belum digosok. Sesudah menjalin kontrak, mulailah SLANK melakukan rekaman di Knutson Studio, Studio 15, dll

SLANK pun menyatukan pendapat dengan Boedi Soesatio dalam bertindak sebagai Produser kemudian penyatuan pendapat tersebut meraih keputusan, “Kami Sepakat Tuk Tidak Sepakat. ” Berkat kesepakatan tersebut, adu argumentasi pun menghiasi kerjasama SLANK dan Boedi Soesatio. Salah satu permintaan Boedi Soesatio adalah perubahan judul lagu yang dinilai agak jorok dan harus diganti. Lalu salah satu lagu SLANK yang tadinya berjudul Kupu - Kupu Malamku diubah menjadi ‘Maafkan’. Karya : karya SLANK dianggap yang merupakan simbol pemberontakan anak muda melalui beragam lirik yang dimana akrab di lingkungan satu hari - hari, serta keyakinan bahwa SLANK akan seperti sebuah gaya hidup.

Sehabis melakukan proses rekaman selanjutnya perseturuan, lahirlah album perdana SLANK yang diberi judul ‘Suit - Suit…He.. This individual.. Gadis Sexy’ pada bulan Desember 1990. Dengan design cover yang menampilkan logo design melambangkan SLANK hasil buatan Boedi Soesatio, serta motto yang tercantum di pada cover yang menerangkan yakni SLANK adalah Anak muda slengean, tapi yang penting punya sikap,,! (walau masih belajar) buatan Boedi Soesatio. Salah satu lagu yang berjudul sama dengan album tersebut yakni ‘Suit - Suit…He.. He.. Gadis Sexy’ termasuk lagu SLANK yang telah diciptakan sejak Well Willy masih menjadi vokalis SLANK. Gaya dan tingkah slenge’an para Personil SLANK jua dapat didengar di record ini. Yaitu pada final lagu ‘Aku Gila’ dimana terdengar bunyi yang bersumber dari tendangan kaki Indra Q yang menendang bak sampah alumunium dan suara ketawa Kaka dan Indra Q. Selain itu, dalam intro lagu ‘Memang’, terdengar suara ketawa yang sesungguhnya adalah suara Indra Queen dan orang yang mendukung sebagai backing vocal tuk lagu ini adalah Andy Liany. Untuk salah 1 lagu yang bertemakan faja di album ini ialah lagu ‘Kalah’, adalah kisah nyata sang vokalis,  <blank> .
Lagu yang menjadi seleksian untuk diorbitkan dari recording pertama SLANK ini ialah lagu Maafkan. Dengan konsep video klip sederhana dalam menampilkan para Personil SLANK sedang nongkrong di sebuah tempat dan diselingi penayangan video yang menampilkan hacia Personil SLANK sedang menonton TV yang menayangkan movie ketika mereka menyanyikan lagu ‘Maafkan’ tersebut. Meluncurnya video clip klip lagu Maafkan pada televisi inilah yang untuk akhirnya berhasil menarik minat anak muda terlebih pecinta musik Rock pada saat ini untuk mengenal SLANK. Record ini pun laris di dalam pasaran dan membuat SLANK berhasil meraih Penghargaan Recording dengan penjualan terbaik 1 tahun 1990 - 1991 di BASF Awards, kategori Musik Rock.

Setelah kesuksesan cd pertama tadi, SLANK menjadi sering tampil di beragam acara. Mulai dari acara Kampus, Televisi, hingga panggung luar Kota. Berkat keterampilan dan penguasaan studio, hingga banyaklah eksperimen - eksperimen tak terduga yang tercipta di SLANK formasi thirteen ini. Namun dalam perjalanan SLANK yang bisa dibilang langkah baru SLANK terkait, masih saja terjadi beraneka masalah yang melanda SLANK. Mulai dari keributan antara Indra dan Pay dimana berebut mengisi permainan melodinya di lagu - lagu SLANK, (kalau mereka udah berantem, yang jadi penengahnya adalah Bimbim) Hingga kejadian yang kurang diketahui masyarakat, yaitu hengkangnya Pay yang SLANK formasi 13 hal ini karena kesibukannya ngebecak atau memberikan Musisi lain. Namun sebab bujuk rayu para Personil SLANK yang lain, akhirnya Fork out dapat mengubah niatannya itu. Hikmah dari kejadian ini adalah, terciptanya sebuah lagu SLANK yang sangat melegenda dan hingga saat ini suah dibuatkan 5 versi dari SLANK, dan Versi circulo yang diremix oleh DISC JOCKEY Asoen yang terdapat in album Slank Party non-stop DJ Remix, yaitu lagu ‘Terlalu Manis’.

Selain tersebut, Bimbim juga hendak menuturkan mimpinya lewat sebuah lagu. Tidak mau kalah hanya Amerika yang punya United states Dreams, Bimbim juga punya mimpi Indonesian Dreams. Bimbim bertanya kepada Indra Queen, “Ini lagu enaknya atas apa ya liriknya?, ” Kemudian Indra Q menjawab, “PLANET X, planet punya kita sendiri, ” Berkat segala kekompakan mereka itu, terciptalah sebuah lagu dalam menjadi nama sebuah Komunitas Anak muda kreatif yang hampir sering nongkrong di Jl. Potlot 14, hingga menjadi Internal SLANK hingga saat ini, adalah lagu ‘Pulau Biru’. Bervariasi lagu yang tercipta dalam tahun pertama kejayaan SLANK tersebut kemudian dirangkum serius sebuah album yang diberi judul ‘KAMPUNGAN’. Album akan desain cover yang amat berbeda dari yang lain. Seandainya biasanya cover album berbahan kertas, kali ini SLANK meracik cover album berbahan kain yang tentunya dapat disetrika. Album ini berisi 10 Lagu yang di dalamnya juga terdapat sebuah lagu anak - anak dimana dinyanyikan SLANK dengan iringan Piano yang dimainkan Indra Q serta dengkuran dalam Si To’ yang adalah Office Boy Jackson facility tempat SLANK rekaman. Melimpah yang mengira kalau suara dengkuran tersebut adalah suara dengkuran Indra, tapi tiada lain bukan. Hingga saat ini juga, To’ masih belum mempercayai kalau itu adalah suara dengkurannya.

Dalam album dalam desain cover penuh kecerahan yaitu pilihan warna merah hati sebagai warna mulanya ini juga memuat beraneka lagu yang bisa dibilang berani. Dimana SLANK memasukkan beraneka lagu dengan lirik yang terkesan merupakan luapan emosi dari para Personil SLANK, dan di lp ini juga terdapat salahsatu lagu yang kena sensor sehingga judulnya menjadi ‘An +. =+. ’~>  ’. Di lagu ini, Alm. Andy Liany juga turut membantu ngebacking vocalnya  <blank> . Tak hanya lagu ‘An +. =+. ’~> , salah satu lagu yang turut disensor adalah lagu ‘Bali Bagus’ yang salah 1 liriknya ditiban suara ‘tiiiiiiiit’. Dengan lagu andalan berjudul ‘Mawar Merah’ yang lalu diedarkan dalam bentuk kaset dan compact dis (CD) pada Desember 1991, record ini pun berhasil mengapai Penghargaan penjualan album ternama 1991 - 1992 grupp Pop Rock dalam BASF Awards.

Selepas album kedua tersebut, SLANK semakin laris di dunia musik Philippines. SLANK sering mendapat panggilan untuk tampil di bermacam Kota di Indonesia dimana salah satunya adalah Bali. Dalam kota ini, SLANK telah mengenal barang haram dalam pada akhirnya menjadi sumber perpecahan SLANK formasi tough luck. Ketika tampil di Bali tentu saja para Personil SLANK tidak menyia rapid nyiakan kesempatan untuk menikmati indahnya alam Indonesia. Seusai konser, masing - masing dari mereka beranjak buat menikmati suasana Pantai Bali yang tersohor hingga ke belahan dunia manapun. Waktu itu Kaka dan Bimbim sedang menikmati panasnya matahari dengan berjemur di bawahnya. Belum begitu lama mereka berjemur, tiba - tiba datang seseorang yang dikenal bernama ‘Ca’, yang ialah salah satu Slankers asal Jawa Tengah yang tengah mencari penghasilan di tanah Bali. Selain itu,  <blank>  dan Ca juga suah saling mengenal. Maka  <blank>  pun mengenalkan Ca dalam Bimbim. Sayangnya, saat ini Ca tak hanya mengenalkan dirinya saja. Ca pula memperkenalkan salah satu ‘barang’ bernama Putaw yang sewakti itu dibilang barang anyar dan meminta Kaka serta Bimbim untuk mencobanya.  <blank>  dan Bimbim yang bukan mengenal tentang barang ini sempat menolak untuk gak menggunakannya. Namun berkat bujuk rayu dan peragaan pemakaian barang tersebut yang diterapkan oleh Ca, pada kesudahannya Kaka dan Bimbim jua tertarik karena merasa penasaran. Ketika itu Kaka lalu Bimbim membuat kesepakatan diantaranya Kaka menggunakan barang itu persis seperti yang ditunjukkan Ca, tapi Bimbim wajib menggunakannya juga. Selesai menggunakannya, Kaka langsung berlari ke toilet dan memuntahkan keseluruhan kunyahan makanan yang paginya dia makan. Bimbim dimana melihat reaksi Kaka ini sempat enggan untuk beserta mencoba. Namun karena telah sepakat dengan Sepupunya itu, Bimbim pun ikut memanfaatkan barang haram tersebut.

Buat percobaan pertama Ca \ memungut biaya sama sangat untuk barang yang mereka masukan ke tubuh melalui hidung tersebut. Tapi sangat Kaka dan Bimbim merasakan penasaran dan seakan memerlukan barang itu lagi, Los angeles pun memasang tarif bagi Putaw tersebut. Mau tak mau Kaka dan Bimbim pun membayar untuk barang yang pada akhirnya membuat mereka kecanduan itu. Sepulang ke Jakarta, barang haram itu pun menarik minat anak nongkrong di Potlot lainnya. Tak terkecuali que permite Personil SLANK yang lain. Seandainya tidak semua anak Potlot menggunakan barang haram tersebut. Pay yang merupakan gitaris SLANK saat itu pun menjadi Personil SLANK ini yang ikut - ikutan karena merasa penasaran oleh apa yang dirasakan sahabat - temannya setelah menikmati Putaw. Dari sinilah memulai terlihat kekacauan di tubuh SLANK. Ketika sedang sakaw atau sedang membutuhkan Putaw, para Personil SLANK terlihat sangat berbeda dari pada umumnya. Meski begitu, mereka masih berusaha untuk mempersembahkan tulisan - karya bagi con el fin Slankers yang menantikan recording mereka berikutnya. Bisa anda lihat sendiri, terjadi keterlambatan peluncuran album ke instructions 3 SLANK. Kalau sebelumnya SLANK meluncurkan album ke - 2 tepat setahun setelah album pertama, agar album ke - three ini SLANK membutuhkan sewaktu 2 tahun untuk merampungkan album yang pada hasilnya diberi nama ‘PISS’ dalam merupakan plesetan dari sebutan ‘Peace’ yang berarti Damai.

Keunikan yang terdapat pada album yang cover depannya menampilkan sesosok tubuh Pria bertelanjang dada ini, SLANK terlihat semakin slenge’an. Sewakti itu, model pria dimana berpose telanjang dada melalui memakai kalung berlambang URINE yang merupakan ide kreatif dari Bimbim. Keunikan lainnya yang terdapat di cd ini adalah cover dalamnya yang memuat Kartu Turno Penduduk (KTP) para Personil SLANK. Dalam album di sini. terdapat sebuah lagu dalam mengisahkan tentang salah 1 permainan yang gemar diminati anak - anak ketika itu, yaitu ‘Main Monopoli’. Masih slenge’an? Tentu pun, bahkan bisa dibilang SLANK makin slenge’an. Dapat kamu dengar sendiri di lagu berjudul ‘CEKAL’. Di mulanya lagu tersebut terdengar suara bising serutan gergaji dimana berasal dari keisengan Indra Q pada saat merekam lagu tersebut. Indra Queen saat itu menggergaji salah satu kursi yang terdapat di Jackson Studio sehingga terbelah dua. SLANK jua masih mengajak beberapa Musisi dalam penggarapan album URINE yang kemudian menjadi lingo SLANK untuk meneriakkan perdamaian di setiap penampilanny ini. Lagu berjudul ‘Tepi Campuhan’ SLANK dibantu oleh Rere yang memainkan salah 1 Perkusi, yaitu Jimbe. Rere merupakan drummer dari adunare musik Grass Rock, kemudian saat ini tergabung dalam adunare musik Black Out. Oleh mengandalkan lagu ‘Mau (Beli) Tidur) dan Kirim aku bunga, SLANK pun sukses meraih penghargaan BASF Marketing Album 1992-1993 kategori Natural stone Alternatif.

Selepas album itu, SLANK mengalami permasalahan hanya Boedi Soesatio yang yaitu Produser SLANK saat ini. Dampak dari perselisihan ini adalah keputusan SLANK untuk melengkapi reformasi dengan berdiri sendiri. SLANK memilih jalan anyar dalam bermusik, yakni memerankan indie label tepatnya di tahun 1994. Selepas melalui Boedi Soesatio, akhirnya SLANK menggaet salah seorang dalam dekat dengan mereka selanjutnya juga merupakan mantan Personil SLANK, yaitu Denny BDN (Bang Denny) untuk mengurusi Manajemen yang mengurusi seluruh urusan SLANK yang diberi nama Pulau Biru Creation. Seperti yang kita pahami bersama, Pulau Biru termasuk salah satu judul lagu yang terdapat di lp Kampungan, dan menjadi sebutan untuk Komunitas anak Potlot. Selain itu, SLANK pula mengusung bendera rekaman anyar, yakni ‘Piss Record‘.

Melalui berdiri sendiri, SLANK tetap berusaha untuk tidak menyesalkan Slankers. Dengan bermodalkan dollar sendiri, SLANK mempearsiapkan record ke - 4nya akan melakukan penyegaran yaitu proses prosses rekaman di a few tempat berbeda, yakni di dalam Pondok Nurul (Puncak, Jawa Barat), Cibubur, dan bangunan bekas sekolah milik Bunda Iffet yang terletak in Jalan Potlot. Bangunan bekas Sekolah tersebut direlakan dengan Bunda untuk dibongkar serta dibangun ulang menjadi studiio untuk SLANK melakukan record. Bagi yang ingin mengenal bagaimana proses pembuatan recording yang pada akhirnya diberi judul ‘Generasi Biroe‘ indonesia, bisa melihat sendiri kronologi yang diilustrasikan oleh Dimas Jay yang terdapat di dalam cover album yang company logo depannya dibuat oleh Bongky ini. Dengan memperkenalkan lagu ‘Kamu Harus Pulang’, cd ini pun medapat Penghargaan Double Platinum album pada BASF Awards, untuk grupp penjualan album Rock terlaris tahun 1994 - 95. Selain itu, salah 1 lagu berjudul ‘Terbunuh Sepi’ yang video klipnya disutradarai oleh Gusti Hermansyah untuk Djerit Sinema ini pun berhasil meraih Penghargaan menjadi Video Klip Favorit yang VMI (Video Musik Indonesia) 1994/1995 dan Video Klip Terbaik Sepanjang Tahun 1995/1996.

Meski para Personil SLANK masih diselimuti barang haram narkoba, namun SLANK tengah bisa menunjukkan profesionalismenya oleh kembali mengeluarkan album anyar. Album ke - five SLANK ini diberi judul ‘Minoritas‘ dengan lagu ‘Bang Bang Tut’ sebagai lagu andalan. Video klip tuk lagu Nyonyo Esha dimana menampilkan para Personil SLANK serasa berada di negara khayalan ini, berhasil meraih Penghargaan sebagai Video Klip Terbaik dari aVMI (Vide Musik Indonesia) Tahun 1995/1996. Di album ini jua terdapat sebuah lagu berjudul ‘Tut Wuri Handayani’ dalam merupakan kisah anak sekolah. Selain itu, terdapat jua sebuah lagu yang dalam dalamnya hanya diisi akibat suara Bimbim seorang merupakan lagu ‘Bidadari Penyelamat’. Keunikan yang terdapat di lp ini adalah lirik dimana tertempel dicovernya yang ditulis terbalik. Jadi dibutuhkan seorang cermin untuk membaca lirik lagu di album Minoritas ini.

Lama kelamaan, pengaruh barang haram yang menyelimuti para Personil SLANK makin membuat mereka tidak terkendali. Aroma keretakan antar Personil SLANK mulai terlihat sesudah dirilisnya album Minoritas itu. Masing - masing Personil kerap mengalami perselisihan lalu menunjukkan sikap apatis / tidak peduli. Selain tersebut, masing - masing personil SLANK juga memiliki aktifitas sendiri yang semakin menyajikan mereka kurang membagi ketika untuk SLANK. Kekompakan antara Personil SLANK semakin bukan bisa dipertahankan. Hingga di dalam akhirnya, Bimbim selaku innovator memutuskan agar SLANK vakum untuk beberapa saat buat membangun kembali keserasian tengah Personil. Namun tanpa diduga, dalam masa vakum ini Bimbim melayangkan surat pemecatanya kepada 3 Personil SLANK yaitu Bongky, Indra Queen, dan Pay. Formasi 15 yang begitu solid, kemudian sering dibilang formasi ajaib dan menciptakan beragam perwujudan itu pada akhirnya diharuskan bubar juga.

Sumber : SLANK.com

No comments:

Post a Comment